| Gambar : Pixabay | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                                              (RPP)                                             
Satuan Pendididian            : SMPN 2 Lhokseumawe
Mata
Pelajaran                   : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
                 : IX
/ Ganjil
Materi
Pokok                     : CHAPTER 4 – Procedure Text
Alokasi
Waktu                   : 10 Pertemuan (20 JP) @40 Menit
A.    
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·       Melafalkan
kosa kata yang berhubungan dengan teks prosedur tentang makanan dan minuman
sesuai dengan konteks penggunaannya
·       Mengidentifikasi  fungsi sosial dan struktur teks prosedur
secara lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep
pendek dan sederhana tentang makanan/ minuman sesuai dengan konteks
penggunaannya.
·       Menggunakan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang resep makanan /
minuman dengan tepat.
·       Melengkapi
teks prosedur rumpang berupa resep pendek dan sederhana tentang makanan /
minuman dengan benar
·       Mengurutkan
teks prosedur berupa resep pendek dan sederhana yang rumpang dengan baik
·       Menyusun
teks prosedure tentang resep pendek dan sederhana tentang makanan/ minuman
sesuai dengan struktur teks yang tepat berdasarkan urutan gambar yang ada
(picture series)
·       Menjawab
pertanyaan pilihan ganda dan uraian tentang manual pendek dan sederhana dengan
tepat
·       Menggunakan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang manual (Bagaimana cara
menggunakan / mengoperasikan suatu benda) dengan tepat. 
·       Mengurutkan  teks prosedur berupa manual  pendek dan sederhana berdasarkan tema yang
diberikan dengan tepat
·       Menceritakan
kembali teks prosedur berupa resep pendek sederhana yang dibaca.
·       Membuat
teks prosedur berdasarkan contoh teks yang diamati dalam video, slide power
point, dan gambar yand ada.
B.    
Media
Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian,
LCD Proyektor
Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus.
Sumber Belajar: Buku Bahasa Inggris BRIGHT SMP KELAS 9 Penerbit ERLANGGA, Tahun 2018
C.    
Langkah-Langkah Pembelajaran
| Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |
| Melakukan
  pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa 
  untuk  memulai pembelajaran,
  memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | |
| Mengaitkan
  materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
  peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
  pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. | |
| Menyampaikan
  motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari
  materi : CHAPTER 4 – Procedure Text dengan mengunjungi laman websiteedukasi.com | |
| Menjelaskan
  hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
  belajar yang akan ditempuh, | |
| Kegiatan Inti ( 90 Menit ) | |
| Kegiatan
  Literasi | Peserta
  didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
  menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
  CHAPTER 4 – Procedure Text dengan mengunjungi laman websiteedukasi.com | 
| Critical
  Thinking  | Guru
  memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
  dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
  hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi :  ·      
  Pengertian Procedure Text ·      
  Tujuan Komunikatif Procedure Text ·      
  Generic Structure Procedure Text | 
| Collaboration | Peserta
  didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
  informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai CHAPTER 4 – Procedure Text. | 
| Communication | Peserta
  didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
  mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
  kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan | 
| Creativity | Guru
  dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari
  terkait CHAPTER 4 – Procedure Text Peserta didik
  kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
  dipahami | 
| Kegiatan Penutup (15 Menit) | |
| Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
  pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
  yang baru dilakukan.  | |
| Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
  point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
  dilakukan.  | |
D.     
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-       
Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis
pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi
tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-       
Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk
kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
E.     Penilaian
1.   
Teknik Penilaian
A.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.     
Teknik Penilaian
:  Observasi (sikap), testertulis
(pengetahuan),dan  unjuk kerja (keterampilan)
2.     
Instrumen penilaian
a.     
Penilaian Sikap
(Spiritual dan Sosial)
| No. | Aspek yang dinilai | Kriteria | Skor | 
| 1 | Tanggung jawab | Sangat sering menunjukkan sikap
  Tanggung jawab | 5 | 
| Sering menunjukkan sikap Tanggung
  jawab | 4 | ||
| Beberapa kali menunjukkan sikap
  Tanggung jawab | 3 | ||
| Jarang menunjukkan sikap Tanggung
  jawab | 2 | ||
| Tidak pernah menunjukkan sikap
  Tanggung jawab | 1 | ||
| 2 | Peduli | Sangat sering menunjukkan sikap peduli | 5 | 
| Sering menunjukkan sikap peduli | 4 | ||
| Beberapa kali menunjukkan sikap peduli | 3 | ||
| Jarang menunjukkan sikap peduli | 2 | ||
| Tidak pernah menunjukkan sikap peduli | 1 | ||
| 3 | Kerjasama | Sangat sering menunjukkan sikap
  kerjasama | 5 | 
| Sering menunjukkan sikap kerjasama | 4 | ||
| Beberapa kali menunjukkan sikap
  kerjasama | 3 | ||
| Jarang menunjukkan sikap kerjasama | 2 | ||
| Tidak pernah menunjukkan sikap
  kerjasama | 1 | ||
| 4 | Cinta damai | Sangat sering menunjukkan sikap cinta
  damai | 5 | 
| Sering menunjukkan sikap cinta damai | 4 | ||
| Beberapa kali menunjukkan sikap cinta
  damai | 3 | ||
| Jarang menunjukkan sikap cinta damai | 2 | ||
| Tidak pernah menunjukkan sikap cinta
  damai | 1 | 
b.     
PenilaianPengetahuan.
| No | Aspek yang dinilai | Kriteria | Score | 
| 1. | Intonation | Nyaris tidak ada kesalahan  | 4 | 
|  |  | Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu
  makna | 3 | 
|  |  | Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna | 2 | 
|  |  | Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami | 1 | 
| 2. | Fluency | Mampu mengucapkan
  dengan sangat lancar | 4 | 
|  |  | Mampu mengucapkan dengan cukup lancar | 3 | 
|  |  | Mampu mengucapkan dengan kurang lancar | 2 | 
|  |  | Mampu mengucapkan dengan tidak lancar | 1 | 
| 3. | Pronunciation | Nyaris tidak  ada kesalahan  | 4 | 
|  |  | Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu
  makna | 3 | 
|  |  | Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna | 2 | 
|  |  | Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami | 1 | 
c.      Keterampilan (tulis)
soal:
Choose the correct answer by crossing A, B, C, or D.
Meat Floss
Porridge
Ingredients:
250 cc hot water
50 grams instant porridge
1 spoon soya sauce
1 spoon chilli sauce
crackers
10 grams meat floss
Suggested Preparation:
1. Put instant porridge into a bowl
2. Pour 250 cc hot water, stir well. Leave it for about 3 minutes until the
porridge thickens
3. Add soya sauce and chilli sauce (as much as you like)
4. Then, spread crackers and meat floss. The porridge is ready to be served.
The text above is for no. 1-3
1. How much instant porridge do you need to make the meat floss porridge?
    a.  250
cc          b.  50
grams          c.  1
spoon          d. 10 grams
2. What should we do after stirring the porridge?
    a.  put the instanbt porridge into bowl    
                    
    b.  add soya sauce and chilli
sauce      
    c.  add crackerrs and meat floss
    d.  wait for about 3 minutes
B.    
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.   
bimbingan perorangan jika
peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.   
belajar kelompok jika
peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.   
pembelajaran ulang jika peserta
didik yang belum tuntas ≥ 50%.
C.     Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk
mempelajari soal-soal PAS.
                                                                                                                   
Mengetahui                                                                                 Lhokseumawe,
12 Juli 2021              
Kepala SMPN 2 Lhokseumawe                                                  Guru Mata Pelajaran
Nuraini,
S.Pd.,M.Pd                                                                    Muhammad
Iqbal, S.Pd.I
NIP.19621................                                                                     NIP.
198307.............................
 


0 komentar:
Post a Comment