RPP Bahasa Inggris Kelas IX Chapter 2 - Agreement

 

Pixabay

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendididian            : SMPN 2 Lhokseumawe

Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris

Kelas/Semester                  : IX / Ganjil

Materi Pokok                     : CHAPTER 2 – Agreement And Disagreement And Its Responses

Alokasi Waktu                   : 3 Pertemuan (6 JP) @40 Menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·       Melafalkan beberapa ekspresi tentang ungkapan agreement dan disagreement beserta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya

·       Mengidentifikasi beberapa ungkapan tentang ekspresi agreement dan disagreement beserta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya di dalam dialog yang tersedia.

·       Mengklasifikasikan beberapa ungkapan tentang tentang ungkapan agreement dan disagreement beserta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya di dalam dialog yang tersedia

·       Menentukan unsur kebahasaaan ungkapan agreement dan disagreement beserta responnyasesuai dengan konteks.

·       Menggunakan struktur teks yang tepat untuk  melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan agreement dan disagreement serta responnya, sesuai dengan konteks  Penggunaannya

·       Menulis ungkapan agreement dan disagreement beserta responnya dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat.

·       Menentukan unsur kebahasaaan to, in order to dan so that dalamungkapan agreement dan disagreement beserta responnyasesuai dengan konteks dengan benar.

·       Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial darikata to, in order to dan so that dalam ungkapan agreement dan disagreement beserta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.

·       Menulis kata to, in order to dan so that dalam ungkapan agreement dan disagreement beserta responnya dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat.

·       Melakukan dialog sederhana dengan menggunakan kata to, in order to , dan so that dalam ungkapan peryataan agreement dan disagreement beserta responnya dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat.

·       Melakukan dialog sederhana yang mengungkapkan peryataan agreement dan disagreement beserta responnyadengan menentukan tema sendiri bersama pasangan kelompoknya berdasarkan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat.

 

B.     Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar

Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor

Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus.

Sumber Belajar: Buku Bahasa Inggris BRIGHT SMP KELAS 9 Penerbit ERLANGGA, Tahun 2018

 

C.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

CHAPTER 2 – Agreement And Disagreement And Its Responses dengan mengunjungi laman websiteedukasi.com

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi CHAPTER 2 – Agreement And Disagreement And Its Responses dengan mengunjungi laman websiteedukasi.com

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi :

·       Agreement and disagreement expressions

·       Use of to, in order to, and so that in Agreement and disagreement expressions.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai CHAPTER 2 – Agreement And Disagreement And Its Responses.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait CHAPTER 2 – Agreement And Disagreement And Its Responses Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.      Penilaian Hasil Pembelajaran

-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan

-        Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

­­­

E.     Penilaian

1.    Teknik Penilaian

A.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Teknik Penilaian :  Observasi (sikap), testertulis (pengetahuan),dan  unjuk kerja (keterampilan)

2.      Instrumen penilaian

a.      Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial)

No.

Aspek yang dinilai

Kriteria

Skor

1

Tanggung jawab

Sangat sering menunjukkan sikap Tanggung jawab

5

Sering menunjukkan sikap Tanggung jawab

4

Beberapa kali menunjukkan sikap Tanggung jawab

3

Jarang menunjukkan sikap Tanggung jawab

2

Tidak pernah menunjukkan sikap Tanggung jawab

1

2

Peduli

Sangat sering menunjukkan sikap peduli

5

Sering menunjukkan sikap peduli

4

Beberapa kali menunjukkan sikap peduli

3

Jarang menunjukkan sikap peduli

2

Tidak pernah menunjukkan sikap peduli

1

3

Kerjasama

Sangat sering menunjukkan sikap kerjasama

5

Sering menunjukkan sikap kerjasama

4

Beberapa kali menunjukkan sikap kerjasama

3

Jarang menunjukkan sikap kerjasama

2

Tidak pernah menunjukkan sikap kerjasama

1

4

Cinta damai

Sangat sering menunjukkan sikap cinta damai

5

Sering menunjukkan sikap cinta damai

4

Beberapa kali menunjukkan sikap cinta damai

3

Jarang menunjukkan sikap cinta damai

2

Tidak pernah menunjukkan sikap cinta damai

1

 

b.      PenilaianPengetahuan.

No

Aspek yang dinilai

Kriteria

Score

1.

Intonation

Nyaris tidak ada kesalahan

4

 

 

Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu makna

3

 

 

Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna

2

 

 

Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

1

2.

Fluency

Mampu mengucapkan dengan sangat lancar

4

 

 

Mampu mengucapkan dengan cukup lancar

3

 

 

Mampu mengucapkan dengan kurang lancar

2

 

 

Mampu mengucapkan dengan tidak lancar

1

3.

Pronunciation

Nyaris tidak  ada kesalahan

4

 

 

Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu makna

3

 

 

Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna

2

 

 

Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

1

 

c.      Keterampilan (tulis)

soal:

Here are some suggestion and rules. Discuss with your group, whether you agree or disagree, then give your reason.  Use a dictionary. For each statement, write down who agree or disagree with it, with appropriate arguments. Hand-write your sentences on a piece of paper. Make sure you know the meaning of every word and spell it correctly.Then, put it on the wall so that the others in your class can see your points. Discuss your points with them.

Agreement and disagreement statements:

1.       Children must not watch TV before they go to school.

2.       Children should use hand-phones to school for their safety.

3.       Students must buy food and drinks in the school canteen.

4.       Students should take the English tutoring class after school.

5.       Boys should not play with a doll, and girls should not play with a toy car.

6.       Students must not ride motorcycle to school.

7.       Students must do their homework by themselves.

8.       Teachers should come into the class on time.

 

B.     Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;

a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;

b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan

c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

 

 

 

 

C.     Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.

 

 

Mengetahui                                                                                 Lhokseumawe, 12 Juli 2021             

Kepala SMPN 2 Lhokseumawe                                                Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Nuraini, S.Pd.,M.Pd                                                                    Muhammad Iqbal, S.Pd.I

NIP.19621231 198303 2 033                                                      NIP. 19830718 200904 1 003

 Sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/

Share on Google Plus

About Ubay Iqbal

0 komentar:

Post a Comment