Pixabay |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendididian : SMPN 2 Lhokseumawe
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: IX
/ Ganjil
Materi
Pokok : CHAPTER 2 – Agreement And
Disagreement And Its Responses
Alokasi
Waktu : 3 Pertemuan (6 JP) @40 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· Melafalkan
beberapa ekspresi tentang ungkapan agreement dan disagreement beserta responnya
sesuai dengan konteks penggunaannya
· Mengidentifikasi
beberapa ungkapan tentang ekspresi agreement dan disagreement beserta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya di dalam dialog yang tersedia.
· Mengklasifikasikan
beberapa ungkapan tentang tentang ungkapan agreement dan disagreement beserta
responnya sesuai dengan konteks penggunaannya di dalam dialog yang tersedia
· Menentukan
unsur kebahasaaan ungkapan agreement dan disagreement beserta responnyasesuai
dengan konteks.
· Menggunakan
struktur teks yang tepat untuk
melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan agreement dan disagreement
serta responnya, sesuai dengan konteks
Penggunaannya
· Menulis
ungkapan agreement dan disagreement beserta responnya dengan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang tepat.
· Menentukan
unsur kebahasaaan to, in order to dan so that dalamungkapan agreement dan
disagreement beserta responnyasesuai dengan konteks dengan benar.
· Menggunakan
unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial darikata to, in
order to dan so that dalam ungkapan
agreement dan disagreement beserta responnya sesuai dengan konteks
penggunaannya.
· Menulis
kata to, in order to dan so that dalam ungkapan
agreement dan disagreement beserta responnya dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang tepat.
· Melakukan
dialog sederhana dengan menggunakan kata to, in order to , dan so that dalam
ungkapan peryataan agreement dan disagreement beserta responnya dengan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang tepat.
· Melakukan
dialog sederhana yang mengungkapkan peryataan agreement dan disagreement
beserta responnyadengan menentukan tema sendiri bersama pasangan kelompoknya
berdasarkan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat.
B.
Media
Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian,
LCD Proyektor
Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus.
Sumber Belajar: Buku Bahasa Inggris BRIGHT SMP KELAS 9 Penerbit ERLANGGA, Tahun 2018
C.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan
motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan
mempelajari materi : CHAPTER 2 – Agreement And
Disagreement And Its Responses dengan mengunjungi
laman websiteedukasi.com |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
CHAPTER 2 – Agreement And
Disagreement And Its Responses dengan
mengunjungi laman websiteedukasi.com |
Critical
Thinking |
Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi : ·
Agreement and disagreement expressions ·
Use of to, in order to, and so that in Agreement and disagreement
expressions. |
Collaboration |
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai CHAPTER 2 – Agreement And
Disagreement And Its Responses. |
Communication |
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari
terkait CHAPTER 2 – Agreement And
Disagreement And Its Responses Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal
yang belum dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-
Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis
pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi
tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-
Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk
kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
E. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
A. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
: Observasi (sikap), testertulis
(pengetahuan),dan unjuk kerja
(keterampilan)
2.
Instrumen penilaian
a.
Penilaian Sikap
(Spiritual dan Sosial)
No. |
Aspek yang dinilai |
Kriteria |
Skor |
1 |
Tanggung jawab |
Sangat sering menunjukkan sikap
Tanggung jawab |
5 |
Sering menunjukkan sikap Tanggung
jawab |
4 |
||
Beberapa kali menunjukkan sikap
Tanggung jawab |
3 |
||
Jarang menunjukkan sikap Tanggung
jawab |
2 |
||
Tidak pernah menunjukkan sikap
Tanggung jawab |
1 |
||
2 |
Peduli |
Sangat sering menunjukkan sikap peduli |
5 |
Sering menunjukkan sikap peduli |
4 |
||
Beberapa kali menunjukkan sikap peduli |
3 |
||
Jarang menunjukkan sikap peduli |
2 |
||
Tidak pernah menunjukkan sikap peduli |
1 |
||
3 |
Kerjasama |
Sangat sering menunjukkan sikap kerjasama |
5 |
Sering menunjukkan sikap kerjasama |
4 |
||
Beberapa kali menunjukkan sikap
kerjasama |
3 |
||
Jarang menunjukkan sikap kerjasama |
2 |
||
Tidak pernah menunjukkan sikap
kerjasama |
1 |
||
4 |
Cinta damai |
Sangat sering menunjukkan sikap cinta
damai |
5 |
Sering menunjukkan sikap cinta damai |
4 |
||
Beberapa kali menunjukkan sikap cinta
damai |
3 |
||
Jarang menunjukkan sikap cinta damai |
2 |
||
Tidak pernah menunjukkan sikap cinta
damai |
1 |
b.
PenilaianPengetahuan.
No |
Aspek yang dinilai |
Kriteria |
Score |
1. |
Intonation |
Nyaris tidak ada kesalahan |
4 |
|
|
Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu
makna |
3 |
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
|
|
Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami |
1 |
2. |
Fluency |
Mampu mengucapkan
dengan sangat lancar |
4 |
|
|
Mampu mengucapkan dengan cukup lancar |
3 |
|
|
Mampu mengucapkan dengan kurang lancar |
2 |
|
|
Mampu mengucapkan dengan tidak lancar |
1 |
3. |
Pronunciation |
Nyaris tidak ada kesalahan |
4 |
|
|
Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu
makna |
3 |
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
|
|
Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami |
1 |
c. Keterampilan (tulis)
soal:
Here are some suggestion and rules. Discuss with
your group, whether you agree or disagree, then give your reason. Use a dictionary. For each statement, write
down who agree or disagree with it, with appropriate arguments. Hand-write your
sentences on a piece of paper. Make sure you know the meaning of every word and
spell it correctly.Then, put it on the wall so that the others in your class
can see your points. Discuss your points with them.
Agreement and
disagreement statements:
1.
Children must not watch
TV before they go to school.
2.
Children should use
hand-phones to school for their safety.
3.
Students must buy food
and drinks in the school canteen.
4.
Students should take the
English tutoring class after school.
5.
Boys should not play
with a doll, and girls should not play with a toy car.
6.
Students must not ride
motorcycle to school.
7.
Students must do their
homework by themselves.
8.
Teachers should come
into the class on time.
B.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.
bimbingan perorangan jika
peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.
belajar kelompok jika
peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.
pembelajaran ulang jika peserta
didik yang belum tuntas ≥ 50%.
C. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk
mempelajari soal-soal PAS.
Mengetahui Lhokseumawe,
12 Juli 2021
Kepala SMPN 2
Lhokseumawe Guru
Mata Pelajaran
Nuraini,
S.Pd.,M.Pd Muhammad
Iqbal, S.Pd.I
NIP.19621231
198303 2 033 NIP.
19830718
200904 1 003
0 komentar:
Post a Comment