A Lion and a Mouse ( Narrative Text )

 

Picture : https://www.bbc.co.uk

The Lion and The Mouse

When he was awakened by a tiny Mouse running across his body, a mighty Lion was sleeping in his lair. The lion then grabbed the frightened mouse with his huge paws and opened his mouth to swallow him directly. “Please, King,” begged the Mouse, “Spare me this time and of course I will never forget your kindness. Someday I may be able to repay you. “The Lion thought that it was such an amusing idea that he let the poor creature go.

Sometimes later the Lion was caught in a net laid by some hunters. Despite his great strength, the Lion could not break free. Soon the forest echoed with angry load roars.

The Little Mouse heard the Lion and ran to see what was wrong. As soon as he succeeded to make the Lion free “There!” said the Mouse proudly, ” You laughed at me when I promised to repay your kindness, but now you know that even a tiny Mouse can help a mighty Lion.”

Moral Value:

  1. Little friends may prove to be great friends.
  2. Friend in need is friend indeed.

 

Singa dan Tikus

Pada saat ia terbangun oleh tikus kecil yang berjalan di tubuhnya, singa perkasa itu sedang tertidur di sarangnya. Kemudian Singa itu menangkap tikus yang sedang ketakutan dengan cakar besar dan sekaligus membuka mulutnya untuk menelannya langsung. “Tolong, Raja”, kata tikus, “Bebaskan saya kali ini dan tentu saja saya tidak akan pernah melupakan kebaikan mu, suatu hari nanti aku mungkin bisa membayar kebaikanmu ini”. Singa pun berpikir bahwa itu adalah hal yang baik sehingga ia membiarkan makhluk lemah itu pergi dari cengkeramannya.

Beberapa waktu kemudian singa itu terperangkap dalam jaring yang diletakkan oleh beberapa pemburu. Meskipun memiliki kekuatan yang besar, singa tersebut tetap tidak bisa membebaskan dirinya. Kemudian hutan pun bergema dengan auman singa yang sedang marah tersebut.

Tikus kecil mendengar auman singa tersebut dan kemudian berlari untuk melihat apa yang sedang terjadi. Begitu si tikus kecil berhasil membuat singa bebas, “Itulah!” kata tikus dengan perasaan bangganya, “Engkau tertawa padaku saat aku berjanji untuk membalas kebaikanmu, tetapi sekarang engkau tahu bahwa meski hanya tikus kecil tapi bisa membantu singa yang perkasa untuk bebas dari perangkap”.

Nilai moral:

  1. Teman yang kecil atau lemah sekalipun bisa menjadi teman yang sangat luar biasa.
  2. Teman yang membutuhkan adalah arti dari teman yang sebenarnya.
Share on Google Plus

About Ubay Iqbal

0 komentar:

Post a Comment