RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: IX
/ Ganjil
Materi
Pokok : Present, Past and Future Continuous
Alokasi
Waktu : 12 Pertemuan (24 JP) @40 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· Menirukan
beberapa kosa kata tentang kata kerja yang berhubungan dengan keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan
yang sedang berlangsung / terjadi saat ini (present continuous tense)
· Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam teks interaksi
transaksional pendek tentang tentang keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan yang
sedang berlangsung / terjadi saat ini (present continuous tense)
· Mengidentifikasi
soal pilihan ganda tentang keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan yang sedang
berlangsung / terjadi berlangsung saat ini (present continuous tense) dengan
konteks penggunaannya
· Melengkapi
beberapa teks yang masih kosong tentang keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan yang
sedang berlangsung / terjadi saat ini (present continuous) dengan konteks
penggunaannya
· Menyusun
kalimat rumpang tentang keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan yang sedang
berlangsung / terjadi saat ini (present continuous) dengan konteks
penggunaannya
· Memasangkan
antara gambar action verb dengan kalimat yang ada tentang
keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan yang sedang berlangsung / terjadi saat ini
(present continuous) dengan tepat
· Mengidentifikasi
kalimat yang berbentuk error analysis tentang
keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan yang sedang berlangsung / terjadi saat ini
(present continuous) dengan konteks penggunaannya
· Mengubah
kalimat tentang keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan yang sedang berlangsung /
terjadi saat ini (present continuous) ke dalam bentuk (+),( - ), dan (?) dengan
benar
· Membuat
cerita tentang kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung atau terjadi
saat ini (Present continuous tense) dengan benar sesuai dengan konteks
penggunaannya
· Membuat
cerita keadaan/kejadian/kegiatan/tindakan yang sedang berlangsung /
terjadidengan memilih tema tentang present, past, dan future continuous tense
dengan benar sesuai dengan konteks penggunaannya.
B.
Media
Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian,
LCD Proyektor
Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus.
Sumber Belajar: Buku Bahasa Inggris BRIGHT SMP KELAS 9 Penerbit ERLANGGA, Tahun 2018
C.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan
motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan
mempelajari materi : Present, Past , and Future
Continuous dengan mengunjungi laman websiteedukasi.com |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
Present, Past , and Future
Continuous dengan
mengunjungi laman websiteedukasi.com |
Critical
Thinking |
Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi : ·
Struktur teks ·
Unsur kebahasaan ·
Topik |
Collaboration |
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Present, Past , and Future
Continuous. |
Communication |
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari
terkait Present, Past , and Future
Continuous Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-
Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis
pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi
tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-
Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk
kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
E. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
A. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
: Observasi (sikap), testertulis
(pengetahuan),dan unjuk kerja (keterampilan)
2.
Instrumen penilaian
a.
Penilaian Sikap
(Spiritual dan Sosial)
No. |
Aspek yang dinilai |
Kriteria |
Skor |
1 |
Tanggung jawab |
Sangat sering menunjukkan sikap
Tanggung jawab |
5 |
Sering menunjukkan sikap Tanggung
jawab |
4 |
||
Beberapa kali menunjukkan sikap
Tanggung jawab |
3 |
||
Jarang menunjukkan sikap Tanggung
jawab |
2 |
||
Tidak pernah menunjukkan sikap
Tanggung jawab |
1 |
||
2 |
Peduli |
Sangat sering menunjukkan sikap peduli |
5 |
Sering menunjukkan sikap peduli |
4 |
||
Beberapa kali menunjukkan sikap peduli |
3 |
||
Jarang menunjukkan sikap peduli |
2 |
||
Tidak pernah menunjukkan sikap peduli |
1 |
||
3 |
Kerjasama |
Sangat sering menunjukkan sikap
kerjasama |
5 |
Sering menunjukkan sikap kerjasama |
4 |
||
Beberapa kali menunjukkan sikap
kerjasama |
3 |
||
Jarang menunjukkan sikap kerjasama |
2 |
||
Tidak pernah menunjukkan sikap
kerjasama |
1 |
b.
PenilaianPengetahuan.
No |
Aspek yang dinilai |
Kriteria |
Score |
1. |
Intonation |
Nyaris tidak ada kesalahan |
4 |
|
|
Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu
makna |
3 |
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
|
|
Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami |
1 |
2. |
Fluency |
Mampu mengucapkan
dengan sangat lancar |
4 |
|
|
Mampu mengucapkan dengan cukup lancar |
3 |
|
|
Mampu mengucapkan dengan kurang lancar |
2 |
|
|
Mampu mengucapkan dengan tidak lancar |
1 |
3. |
Pronunciation |
Nyaris tidak ada kesalahan |
4 |
|
|
Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu
makna |
3 |
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
|
|
Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami |
1 |
c. Keterampilan (tulis)
Choose the correct answer !
1.
Where … you meeting your client at 10 o’clock
yesterday?
A.were B.was
2.
Someone tried to steal her phone while she … for
a railway ticket.
A.Queued B.was queuing
3.
My sister and I … walking on the beach at 5 pm
last week.
A.Was B.were
4.
At 7 this morning he … breakfast with his kids.
A.was eating B.is
eating
5.
Who … the car when it …?
A.was driving, crashed B.drove, was crashing
B.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.
bimbingan perorangan jika
peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.
belajar kelompok jika
peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.
pembelajaran ulang jika peserta
didik yang belum tuntas ≥ 50%.
C. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk
mempelajari soal-soal PAS.
Mengetahui Lhokseumawe,
12 Juli 2021
Kepala SMPN 2 Lhokseumawe Guru
Mata Pelajaran
Nuraini,
S.Pd.,M.Pd Muhammad
Iqbal, S.Pd.I
NIP.19621231
198303 2 033 NIP.
19830718
200904 1 003
0 komentar:
Post a Comment