Preferences

 

 “EXPRESSING PREFERENCES” 

Pendahuluan

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama, kemampuan berkomunikasi secara lisan menjadi salah satu keterampilan utama yang harus dikembangkan. Salah satu materi penting dalam aspek tersebut adalah Expressing Preferences, yaitu cara menyatakan kesukaan atau pilihan terhadap sesuatu. Materi ini relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa karena melatih mereka mengungkapkan pendapat, membuat perbandingan, dan merespons pernyataan orang lain secara sopan dan komunikatif.

Pembelajaran ini disusun berdasarkan Kurikulum Pembelajaran Mendalam (KPM) yang menekankan pada kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan komunikatif.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

1. Mengidentifikasi berbagai ungkapan untuk menyatakan preferensi.

2. Menggunakan bentuk prefer, would prefer, dan would rather dengan tepat dalam kalimat.

3. Menyampaikan dan menanggapi pendapat atau pilihan dalam percakapan sederhana.

Landasan Teori

Menurut Communicative Language Teaching (CLT), penguasaan bahasa diperoleh melalui praktik komunikasi yang bermakna. Dalam konteks ini, materi Expressing Preferences membantu siswa berlatih menggunakan bahasa secara alami melalui dialog dan proyek kolaboratif.

Struktur umum yang diajarkan mencakup:
- Prefer … to … → I prefer tea to coffee.
- Would prefer … to … → I would prefer staying at home to going out.
- Would rather … than … → I would rather walk than drive.

Siswa juga belajar menanggapi pendapat dengan kalimat setuju (So do I, I feel the same way) maupun tidak setuju (Really? I prefer …, I’d rather …).

Metode Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan adalah Project-Based Learning (PjBL), dengan langkah-langkah:
1. Orientasi dan Pengenalan Materi: Guru menjelaskan konsep preference dan memberikan contoh kalimat.
2. Latihan Terbimbing: Siswa mengisi bagian kosong dalam kalimat latihan untuk memperkuat pemahaman struktur.
3. Praktik Dialog: Siswa berpasangan melakukan percakapan sederhana berdasarkan contoh di kelas.
4. Proyek Kelas: Siswa melakukan survei preferensi teman-temannya tentang berbagai hal seperti “online vs offline learning” atau “beach vs mountains”, kemudian membuat laporan atau presentasi hasil survei.
5. Refleksi dan Penutup: Guru dan siswa mendiskusikan hasil pembelajaran dan menegaskan kembali pola kalimat yang dipelajari.

Hasil dan Dampak Pembelajaran

Melalui pembelajaran Expressing Preferences, siswa menunjukkan peningkatan kemampuan dalam:
- Menggunakan struktur kalimat perbandingan dengan benar.
- Berani berbicara dan bertukar pendapat dalam bahasa Inggris.
- Menunjukkan sikap saling menghargai dalam menyampaikan perbedaan pilihan.

Aktivitas survei dan presentasi membuat suasana belajar lebih aktif, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan remaja masa kini.

Berikut adalah link practising siswa mengungkapkan kesukaan mereka. Meskipun mereka masih malu-malu, tapi mereka sudah belajar mengungkapkan apa yang lebih mereka sukai menggunakan bahasa Inggris

https://youtu.be/ejFXK5G0KSQ

Kesimpulan

Pembelajaran materi Expressing Preferences efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas IX. Melalui kegiatan interaktif, proyek kolaboratif, dan latihan dialog, siswa tidak hanya memahami struktur bahasa, tetapi juga mengembangkan kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris.

Pembelajaran yang menekankan unsur “fun classroom” dengan tampilan visual cerah dan nuansa kartun membuat siswa lebih termotivasi dan antusias untuk belajar.

Daftar Pustaka

- Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education.
- Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. Pearson Longman.
- Materi Presentasi: Expressing Preferences – Ms. Amel (2025).

Share on Google Plus

About Amelya

0 komentar:

Post a Comment