Bantu akmal sembuh dari sakitnya

 

Muhammad Akmal Ramadhan, salah seorang anak lelaki dari pasangan bapak khalidun anwar dan ibu sri novianti merupakan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lhokseumawe. Akmal, begitu dia biasa dipanggil, dia merupakan anak yang tegar dalam menghadapi cobaan dari Allah berupa penyakit yang dideritanya, dia sudah menderita penyakit Thalasemia sejak dia berusia 1 tahun. Ayahnya yang bekerja sebagai seorang Tukang service AC tetap merawat anaknya dengan penuh kesabaran, berulang kali akmal masuk RS bahkan sudah beberapa kali mengalami koma ketika kondisinya bertambah parah.

Thalasemia adalah kelainan darah yang diturunkan dari orang tua. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah. Penderita thalasemia  akan menimbulkan keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak napas. Akibatnya, aktivitas keseharian penderita thalasemia akan terganggu.

Thalasemia perlu diwaspadai, terutama thalasemia yang berat (mayor), karena dapat menyebabkan komplikasi berupa gagal jantung, pertumbuhan terhambat, gangguan hati dan lainnya.

Waktu munculnya gejala serta keparahan gejala yang dialami akan berbeda setiap penderita, sesuai dengan jenis thalasemia yang dialami. Pada thalasemia mayor, penderitanya akan merasakan gejala-gejala kurang darah yang parah. Kondisi yang dialami oleh akmal sekarang adalam kelebihan cairan dalam tubuhnya sehingga membuat perutnya membesar.

Thalasemia dapat diketahui melalui gejala yang timbul, serta pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk melihat kelainan sel darah merah dan kelainan genetik penyebab thalasemia.

Thalasemia merupakan kelainan genetik yang berkepanjangan, sehingga perawatannya perlu dilakukan seumur hidup. Penderita thalasemia akan melalui transfusi darah berulang untuk menambah sel darah yang kurang. Pada kasus thalasemia yang parah, dokter mungkin akan menganjurkan penderita untuk melakukan transplantasi sumsum tulang.

Komplikasi Thalasemia

Penyakit thalasemia dapat menyebabkan komplikasi berupa gangguan tumbuh kembang, kerusakan tulang, hingga penyakit jantung. Selain itu, penanganan thalasemia dengan transfusi berisiko menimbulkan penumpukan zat besi di dalam tubuh penderita.

Keadaan akmal sangat patut kita bantu baik berupa materi, karena terkadang akmal kesulitan untuk membeli obat maupun alat bantu pernafasan ketika dia mengalami sesak nafas. Bantuan dan uluran tangan dari bapak ibu insya Allah akan sangat membantu akmal dalam menjalani masa perawatan dan semoga akmal bisa sembuh dari penyakitnya dan bisa bersekolah seperti anak-anak lain.

Kami dari pihak sekolah akan menfasilitasi apabila ada bapak ibu dermawan yang mau memberikan donasi untuk kesembuhan akmal. 

Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang akmal bisa menghubungi contact person dibawah ini

Ibu Fauziah ( Pembina Osis SMPN 2 Lhokseumawe) : +62 823-6858-3321

Ibu Yusrawati ( Wali kelas Akmal) : +62 812-6091-8842

Berikut beberapa foto akmal ketika kami berkunjung ke Rumah Sakit Melati Lhokseumawe beberapa hari yang lalu.


Akmal dan ibunya

Wassalam

Muhammad Iqbal



Share on Google Plus

About Ubay Iqbal

0 komentar:

Post a Comment