Pelantikan ROHIS Tahun Ajaran 2019-2020


Rohis yaitu singkatan dari Rohani Islam merupakan sebuah organisasi guna memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler di sekolah menengah pertama. Fungsi Rohis sendiri adalah guna berbagi ilmu pengetahuan islam dalam bentuk forum, pengajaran, dakwah. Dalam susunan Rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Ekskul ini memiliki juga program kerja serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Rohis mampu membantu mengembangkan ilmu tentang Islam yang diajarkan di sekolah.


Rohis sendiri memiliki manfaat tersendiri untuk anggota yang mengikuti ekstrakurikuler yang berada di dalam sekolah tersebut, terutama mengajak kepada kebaikan dengan agenda-agenda yang bermanfaat. Rohis bukan sekadar ekskul biasa. Lebih dari itu Rohis adalah satu-satunya organisasi yang komplit dan menyeluruh. Ilmu dunia dan ilmu akhirat dapat ditemukan di sini. Rohis juga media pengajaran cara berorganisasi dengan baik, pembuatan proposal, bekerja sama dengan tim, dan pendewasaan diri karena dituntut untuk mengutamakan kepentingan kelompok atau jamaah di atas kepentingan pribadi.

Tujuan Rohis
Rohis memiliki tujuan  yaitu antara lain:
1.      Memberikan pembelakan kepada pengurus ROHIS SMP Negeri 2 Lhokseumawe tentang manajemen pengelolaan organisasi, sehingga diliarapkan mampu meningkatkan kualitas serta profesionalisme dalam melaksanakan program ROHIS.
2.      Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan rasa kepedulian sosial terbadap realitas yang berkembang, baik dilingkungan sekolah maupun di masyarakat dan sistem pemerintahan di Aceh sejak dari rumah, gampong, mukim, kecamatan, kabupaten dan Provinsi.
3.      Meningkatkan pengetahuan,ketrampilan,kemampuan serta pengalaman dalam manajemen pengelolaan organisasi Rohis SMP Negeri 2 Lhokseumawe.
4.      Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang hakikat redikalisme yang
mengatasnamakau agama dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk mencegab masuknya paaham radikal dikalangan pengurus dan anggota Rohis 
SMP Negeri 2 Lhokseumawe.
5.      Meningkatkan komitmen, kepedulian dan kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.
6.      Mendekatkan diri kepada Al1ah Swt, taat beribadah dan memiliki akhlakul
karimah terhadap sesama.


Foto Bersama anggota Rohis


Share on Google Plus

About Muhammad Iqbal

0 komentar:

Post a Comment