Budaya Literasi Sekolah


Dalam upaya meningkatkan minat membaca bagi siswa siswi SMP Negeri 2 lhokseumawe, sekolah menetapkan waktu khusus untuk jam Literasi di hari kamis jam pertama. Seluruh siswa diharuskan untuk membaca buku selama 1 jam pelajaran. 

Kegiatan ini pelan-pelan memberi stimulus bagi siswa untuk lebih mencintai kegiatan membaca, karena untuk siswa yang tinggal di daerah kami, mereka sangat kurang dalam hal membaca. Dikarenakan kekurangan buku bacaan yang tersedia dirumah mereka. 



Pihak perpustakaan melati yang ada disekolah, membuat jadwal berkunjung ke perpustakaan untuk setiap kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. 



Suasana berbeda nampak saat siswa berada diperpustakaan, mereka lebih bersemangat untuk membaca. Mereka bisa memilih milih buku bacaan yang mereka suka. 

Ada banyak buku Best seller tersedia diperpustakaan. Mereka juga diberi kesempatan untuk meminjam dan diperbolehkan membawa pulang sesuai dengan jangka waktu yang sudah diatur pihak sekolah. 


 Semoga kegiatan ini mendapat respon positif dari siswa, sehingga dengan membaca mereka lebih berwawasan dan membantu proses pembelajaran dikelas dengan ide ide yang mereka peroleh dari membaca. 



Dengan membaca, kita mengenal dunia. Dengan menulis kita dikenal dunia. Banyak baca banyak tau... 


Salam literasi

Penulis, Muhammad Iqbal 
Share on Google Plus

About Muhammad Iqbal

1 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya sangat bermanfaat sekali. Terlepas dari sebagai teman yang konstan dalam kesendirian, buku berfungsi sebagai makanan bagi pikiran dengan merangsang imajinasi dan kreativitas kita.

    ReplyDelete