Scrabble, Belajar Menikmati pembelajaran Bahasa inggris

 

Siswa kelas IX sedang bermain scrabble dengan antusias





Scrabble adalah salah satu jenis permainan dalam bahasa inggris yang menyenangkan dan memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda. Tujuan dari permainan scrabble adalah untuk memperoleh poin terbanyak dengan menyusun huruf-huruf membentuk kata yang menyambung dengan salah satu huruf dari kata yang dibuat lawan main Anda. Untuk bermain Scrabble, Anda membutuhkan setidaknya satu lawan atau paling banyak 4 pemain. Anda juga membutuhkan papan permainan Scrabble dengan semua perlengkapannya. Saat bermain, Anda akan membuat kata, mengumpulkan poin, menantang lawan, dan bahkan menukar huruf jika terpaksa. Sementara itu, pencatat skor akan menghitung poin semua pemain untuk menentukan pemenang dari permainan ini.

Permainan scrabble dikalangan anak sekolah masih sangat asing dan jarang diperkenalkan oleh guru, padahal ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi siswa untuk menyukai pelajaran bahasa inggris. Kenyataan yang penulis rasakan masih banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran bahasa inggris, bahkan ada sebagian yang membencinya. Umumnya mereka beralasan bahwa bahasa inggris itu pelajaran yang sangat susah, lain ditulis lain dibaca, belum lagi ga tau artinya. 

Sebagai seorang guru yang mengajar didaerah, kami mencoba memperkenalkan jenis permainan yang bisa memberikan motivasi bagi siswa untuk mau belajar bahasa inggris, permainan scrabble sangat cocok untuk diberikan kepada siswa. Untuk perkenalan, kami mencoba membuat kreasi dari bahan yang mudah didapat, seperti karton, kertas jeruk untuk membuat permainan scrabble ini bisa dipelajari oleh siswa. Berikut beberapa galeri foto dari pengalaman kami memperkenalkan permainan scrabble kepada siswa kami di SMP Negeri 2 Lhokseumawe.




Scrabble karya siswa




Guru PPL mencoba permainan scrabble


Share on Google Plus

About Ubay Iqbal

0 komentar:

Post a Comment